#2nd Quotes

"Perbedaan tak seharusnya membuatmu berpisah, karena seharusnya perbedaan menyadarkanmu bahwa kamu dan dia saling membutuhkan"

#1st Quotes

"..Kebahagiaan tidak akan habis hanya karena membaginya. Ketahuilah, kebahagiaan bertambah ketika kamu bersedia untuk berbagi..."

Isra Miraj versi Astronomi

Isra Mi'raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.
Isra Mikraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi'raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer. Namun demikian, Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena Khadijah radhiyallahu anha meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu 2 bulan setelah bulan Rajab. Dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian Isra Mikraj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra Mi'raj.
Peristiwa Isra Mikraj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam "diberangkatkan" olehAllah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi'raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu.
Betapa sangat cepatnya peristiwa Isra Miraj tersebut. Hanya 1 malam ! menempuh perjalanan berjarak ribuan tahun cahaya. Apa yang terjadi sebenernya? 
Dalam hal ini mungkin Allah melipat ruang dan waktu hingga menjadi satu. Kronologi mudahnya seperti ini. Buat dua titik dalam satu kertas yang dipisahkan dengan jarak. Maka satu-satunya cara untuk mempercepat pergerakan dari titik 1 ke titik 2 adalah dengan melipat ruang kertas tersebut dan mempertemukan kedua titik tersebut. Mungkin saja inilah yang terjadi di dalam peristiwa Isra Miraj. Dimana jarak antara bumi dengan Sidratul Muntaha dilipat sehingga sangat cepat sekali dan tidak memakan waktu terlalu lama.
Wallahu alam. Yang pasti Allah Maha Besar atas segala sesuatu..

Astronout Pertama : Nabi Muhammad SAW

Ok..kalau kita denger kata "Astronout" apa yang akan terbayang di kepala kita? Ya, benar astronout adalah orang yang pergi ke luar angkasa. Sekarang sudah banyak orang yang bisa pergi ke luar angkasa. Bahkan mereka rela mengeluarkan uang mereka hanya untuk 'bertamasya' ke luar angkasa.
Kita kenal nama seperti Neil Amstrong, Yuri Gagarin, John Glen dan nama-nama lain. Mereka telah berjasa dalam dunia Astronomi dan Antariksa berkat kepandaian dan keberanian mereka pergi ke luar angkasa.
Namun, tahukan anda bahwa Nabi Muhammad SAW adalah astronout Islam yang pertama ke luar angkasa. Ingatkah anda dengan peristiwa Isra Miraj? Yah... pada waktu itulah Rasulullah Muhammad SAW berangkat ke luar angkasa dengan kendaraan buroq. Sangat cepat sekali bahkan hanya semalam beliau melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha. Dengan kendaraan Buraq yang kecepatannya melebihi kecepatan cahaya (v> 300.000 km/s). 
Terlepas bahwa hal ini termasuk peristiwa astronomi yang bisa di jelaskan dengan kajian ilmiah atau tidak, tapi yang pasti bahwa Allah SWT menunjukkan kebesaran dan kekuasaannya. Dimana sesuatu peristiwa yang kalau dipikir-pikir mustahil akan terjadi, namun jika Allah sudah berkehendak tidak adak yang tidak mungkin. Kun Fayakun !
Maka Allah mengenang peristiwa Isra Miraj ini dalam sebuah surat dalam Al-Quran surat al-Isra ayat 1 yang artinya :

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnyaagar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"


Dalam surat Al Isra tersebut dikatakan bahwa Allah menunjukkan tanda-tanda kebesarannya dengan memberangkatkan Rasulullah SAW untuk berangkat Isra Miraj yang kalau menurut perhitungan manusia bisa mencapai ribuan tahun tapi ini terjadi hanya semalam saja. Wajar saja dulu banyak orang tidak percaya akan hal ini. Rasulullah menembus mesin waktu.
Peristiwa Isra Miraj juga mengisyaratkan ayat Allah yang lain yakni dalam surat Al-Mulk ayat ketiga yang artinya : 
“Dia yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi, niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah.” (Surat Al Mulk: 3-4)
Bahwa dalam perjalanannya diceritakan Rasulullah bertemu bebeberapa Nabi pada tiap tingkatan langit. Peristiwa Isra’ Mi’raj yang menyebut-nyebut tujuh langit mau tak mau mengusik keingintahuan kita akan hakikat langit, khususnya berkaitan dengan tujuh langit yang juga sering disebut-sebut dalam Al Qur’an. Bila kita dengar kata langit, yang terbayang adalah kubah biru yang melingkupi bumi kita. Benarkah yang dimaksud langit itu lapisan biru di atas sana dan berlapis-lapis sebanyak tujuh lapisan?
Warna biru hanyalah semu, yang dihasilkan dari hamburan cahaya biru dari matahari oleh partikel-partikel atmosfer. Langit (samaa’ atau samawat) berarti segala yang ada di atas kita, yang berarti pula angkasa luar, yang berisi galaksi, bintang, planet, batuan, debu dan gas yang bertebaran. Dan lapisan-lapisan yang melukiskan tempat kedudukan benda-benda langit sama sekali tidak ada.
Bilangan ‘tujuh’ sendiri dalam beberapa hal di Al Qur’an tidak selalu menyatakan hitungan eksak dalam sistem desimal. Di dalam Al Qur’an ungkapan ‘tujuh’ atau ‘tujuh puluh’ sering mengacu pada jumlah yang tak terhitung. Misalnya, di dalam Q.S. Al-Baqarah:261 Allah menjanjikan: “Siapa yang menafkahkan hartanya di jalan Allah ibarat menanam sebiji benih yang menumbuhkan tujuh tangkai yang masing-masingnya berbuah seratus butir. Allah melipatgandakan pahala orang-orang yang dikehendakinya….” Jadi ‘tujuh langit’ lebih mengena bila difahamkan sebagai tatanan benda-benda langit yang tak terhitung banyaknya, bukan sebagai lapisan-lapisan langit.
Lalu, apa hakikatnya langit dunia, langit ke dua, langit ke tiga, … sampai langit ke tujuh dalam kisah Isra’ Mi’raj? Mungkin ada orang mengada-ada penafsiran, mengaitkan dengan astronomi. Para penafsir dulu ada yang berpendapat bulan di langit pertama, matahari di langit ke empat, dan planet-planet lain di lapisan lainnya. Kini ada sembilan planet yang sudah diketahui, lebih dari tujuh. Tetapi, mungkin masih ada orang yang ingin mereka-reka. Kebetulan, dari jumlah planet yang sampai saat ini kita ketahui, dua planet dekat matahari (Merkurius dan Venus), tujuh lainnya –termasuk bumi– mengorbit jauh dari matahari.
Pengertian langit dalam kisah Isra’ Mi’raj bukanlah pengertian langit secara fisik. Karena, fenomena yang diceritakan Nabi pun bukan fenomena fisik, seperti perjumpaan dengan para Nabi yang hakikatnya telah wafat. Langit dan Sidratul Muntaha dalam kisah Isra’ Mi’raj adalah alam ghaib yang tak bisa kita ketahui hakikatnya dengan keterbatasan ilmu manusia. Hanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang berkesempatan mengetahuinya. Isra’ Mi’raj adalah mu’jizat yang hanya diberikan Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Haha...Gimana? kita harus bangga bahwa Islam juga telah punya astronout yang bahkan jauh-jauh sebelum para astronout-astronout lain bermunculan.

Skenario Kiamat menurut Islam

ketika semua manusia dibangkitkan di padang mashar yang matahari hanya sejengkal saja dan bertanahkan timah yang panas mendidih..saat itu juga manusia berlarian mencari pertolongan hingga tibalah pada Nabi Ibrahim, Musa, dan juga nabi lainnya maka mereka mengatakan “Sekarang ini nafsi-nafsi (sendiri-sendiri).” maka berbeda dengan baginda Rasulullah saw…belumlah ummatnya mencari beliau tapi ketika beliau dibangkitkan, bukanlah ahli keluarga atau istri-istri beliau yang beliau cari dari lisan yang terindah seluruh alam ini tapi yang beliau ucapkan “Ummati-Ummati bagaimanakah dengan ummatku”..


Skenario kiamat dalam dalil tersebut menunjukkan bahwa matahari akan hanya sejengkal di atas kepala kita. Bisa kita bayangkan betapa panasnya suhu di bumi.
Dalam ilmu astronomi, matahari akan menjadi red giant atau raksasa merah. Dalam tahap evolusinya matahari akan mengembang dan meningkat luminositasnya, yang secara otomatis akan meningkatkan temperatur yang kita terima dari bumi. Matahari pada nantinya akan meningkat radiusnya. Radiusnya akan meningkat bahkan sampai melahap bumi. Bisa jadi inilah yang disebut sejengkal. Matahari akan mendekati bumi karena menjadi raksasa merah.
Berikut videonya.
video

Adzan Video Official Insan Cendekia

Di bawah ini merupakan video hasil buatan siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Kami mencoba membuat Official Video Adzan di sekolah. Video di buat oleh Kelompok Sinematografi Insan Cendekia (KSIC). Silahkan bisa dilihat...



video

Peredaran Planet versi Al-Quran

Al-Quran memang menjadi mukjizat yang sangat luar biasa bagi kaum muslim. Mengapa tidak? Jauh-jauh hari diturunkan namun tetap fleksibel dan sesuai dengan kenyataan..
Ulasan kali ini adalh tentang peredaran planet menurut Al-Quran. Baiklah, merujuk pada surat Yaasin ayat 40.

Surah Yaasiin ayat 40, berbunyi :

"Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya."

Lihatlah pada Surah Yaasiin ayat 40 tersebut. Pada akhir ayat dituliskan :
yang artinya: "Dan masing-masing beredar pada garis edarnya."

Jika pada ayat :
Kita uraikan masing-masing hurufnya menjadi :
Lalu huruf yang sama dihubungkan dengan garis sedangkan huruf ya sebagai pusat dan diibaratkan sebagai matahari, maka :
 "Dan masing-masing beredar pada garis edarnya."

SUBHANALLAH!!!
Jawaban atas kebenaran pada arti akhir ayat surah Yaasiin ayat 40 berada di dalam ayat itu sendiri
Inikah konsep yang dikemukakan oleh Copernicus dan Kepler tentang paham Heliosentris yakni tentang Matahari sebagai pusat tata surya, dan semua benda di tata surya bergerak mengelilingi matahari. Hal ini sudah jauh-jauh hari diprediksi oleh Al-Quran. 
Semoga hal ini kembali menambah wawasan dan keimanan kita kepada Allah SWT. Supaya kita tahu betapa agungnya dan betapa indahnya segala ciptaan-Nya. Syukron.

Black Hole dalam Al Quran

Al Quran memang telah menjadi mukjizat yang luar biasa yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Betapa tidak? Dalam tempo yang sangat lama sejak diturunkannya Al Quran rupanya Al Quran masih menyimpan misteri-misteri yang sampai sekarang belum bisa di pecahkan oleh manusia.

Baiklah dalam kesempatan ini pula saya akan membagi kepada anda sekalian tentang misteri yang jauh-jauh hari telah di prediksi oleh Al Quran. Allah SWT berfirman dalam ayat-Nya :

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu,” 

(At-Takwir ayat 15-16)

Ayat diatas menyaratkan bahwa Allah SWT telah berfirman dalam Al- Quran bahwa akan ada bintang yang tersembunyi dan bergerak cepat serta menyapu. Hal ini kemudian di masa mendatang dikenal dengan nama Black Hole. Black Hole merupaka suatu tahap akhir dari suatu bintang yang mana mempunyai gravitas yang sangat luar biasa besar. Dalam astronomi kita kenal dengan Radius Schwarzschild, atau radius minimal suatu bintang agar cahaya apabila sudah masuk tidak bisa keluar lagi. Itulah Black Hole sampai-sampai cahay tertelan. Berdasar pada ayat diatas :
  1. Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Ini kita tahu bahwa Black Hole tidak dapat kita lihat. Invisible. Kata tersembunyi mempunyai makna tak terlihat. Kita tidak bisa melihat Black Hole tersebut, hanya dapat kita rasakan saja efek gravitationalnya. Black hole hanya dapat dideteksi oleh sebuah teleskop ruang angkasa yang sudah diberikan alat tambahan agar bisa melihat Black Hole.
  2. Yang bergerak. Dalam evolusi bintang, Black Hole terbentuk dari bintang neutron. Kita tahu bahwa bintang neutron berputar sangat cepat hingga terciptanya pulsar.
  3. Yang menyapu. Sebagaimana paparan diatas, Black Hole hanya dapat dirasakan efek Gravitational nya saja. Karena mempunyai gravitasi yang sangat besar sampai semua benda yang berada di sekitarnya akan tertarik kedalam, tersapu semua.
Wallahu a'lam. Semoga semua ini bisa lebih menambah wawasan dan keimanan kita. Amin.
Beberapa dokumentasi tentang Black Hole..
Cahaya tertarik ke dalam Black Hole

Berputar sangat cepat

Efek Gravitational sangat besar

PENTATONIX-Acapella Group

Pentatonix adalah Sebuah grup acapella yang terdiri atas 5 personil.  Grup acapella yang terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan ini berasal dari Arlington, Texas. Personilnya adalah  Scott Hoying, Kirstie Maldonado, Mitch Grassi, Avi Kaplan and Kevin Olusola. Dengan bermodal suara kelima orang ini telah mampu mengaransemen beberapa lagu menjadi sangat luar biasa. Beberapa lagu yang pernah mereka bawakan antara lain Payphone (Maroon 5), Somebody that I Used to know, We are Young dan lainnya. Dengan kekhasan suara tiap personilnya grup ini mampu bertahan dengan jajaran pemusik lainnya. Penasaran? langsung aja ke websitenya www.ptxofficial.com.
Ok..pingin lihat gimana aksi mereka. Ini dia

video
Gimana keren kan? Itu baru beberapa masih ada banyak lagi. Masih ada beberapa video yang layak untuk ditonton. Cari aja di youtube ya..
Sekian..

Tentukan 1 Syawal dengan Stellarium

Stellarium merupakan software yang sudah sangat terkenal sekali terutama bagi mereka yang mencintai astronomi. Memang, software ini menyediakan semua hal tentang pergerakan benda-benda di langit. Bagi yang belum punya jangan khawatir anda bisa download disini.
OK..next. Dalam software ini kita bisa melihat pergerakan benda-benda langit dalam bola langit kita. Kita bisa melihat peristiwa-peristiwa seperti gerhana, transit, okultasi dan lain sebagainya. Penentuan 1 Syawal pun bisa kita tentukan dengan Stelarium. Gimana ya caranya?

Untuk menentukan awal bulan hijriah, pertama kita harus menentukan lokasi kita dengan mengklik Jendela lokasi atau F6 pada keyboard. Kemudian hilangkan Tanah dan Atmosfer dengan mengklik G dan A pada keyboard, dan tampilkan Grid azimutal (Z pada keyboard), lalu arahkan pandangan pada bulan (F3, kemudian ketik ‘bulan’, lalu tekan enter). Setelah itu arahkan waktu pada akhir bulan berjalan (Hijriah), saat matahari terbenam melalui Jendela tanggal/waktu (F5). Misal untuk menentukan awal Ramadhan tahun ini, saya mengarahkan waktu di Stellarium ke tanggal 17 Agustus 2012 jam 17:51 (saat matahari terbenam). Hasilnya terlihat bahwa bulan sudah terbenam mendahului matahari, maka saat itu bulan baru belum terlihat. Kemudian saya arahkan waktu ke 18 Juli 2011. Hasilnya, bulan masih di atas (belum terbenam). Posisinya sekitar 7 derajat, 06 menit dan 26 detik. Artinya saat itu sudah masuk bulan baru, dan pada esok harinya, tanggal 19 Agustus 2012 kita akan masuk 1 Syawal (Bulan Baru).
Salah satu Tampilan Stellarium

Idul Fitri 1433 H, akankah berbeda?

Awal Ramadhan yang berbeda membuat masyarakat bertanya-tanya mana yang benar. Apakah jika kita mengikuti paham yang ini yang lain benarkah? Bingung..
Awal mula kebingungan masyarakat karena mereka tidak mempunyai landasan yang kuat tentang penentuan awal Ramadhan. Mereka masih berpedoman pada orang yang lebih tahu atau kalau tidak mereka berpedoman pada pemerintah. Namun, yang pasti dalam kaitan seperti ini ilmu pengetahuanlah yang memegang peranan penting. Disini ilmu pengetahun paling tidak akan memberikan jawaban awal yang nantinya akan berakhir pada pendiskusian mana yang benar. Astronomi memegang peranan dalam hal ini. Para ahli astronomi banyak dicari untuk mengetahui mana yang benar.
Penentuan awal ramadhan sebenarnya adalah menentukan awal bulan, atau bulan dalam fasa bulan baru. Bulan baru biasa terbit jam 6 pagi.
Tapi inilah yang membuat banyak konflik. Saling berbeda pendapat. Namun yang pasti jangan sampai hal ini menjadi kita berpecah belah. Jangan saling menyalahkan apalagi memberi statement bahwa yang tidak sependapat dengan kita itu salah, karena masing-masing punya alasan dan keyakinan.
Sebentar lagi, kita akan memasuki bulan baru dalam kalender Hijriyah yakni bulan Syawal, dimana 1 Syawal merupakan hari Raya umat Islam yakni Idul Fitri yang mana pada tahun 2012 ini merupakan Idul Fitri 1433 Hijriyah. Apakah penentuan awal lebaran akan berbeda. Saya disini pun tidak akan memberikan jawaban mana yang benar. Sekedar pedoman ada beberapa sumber untuk hilal.
  1. Danjon (1932, 1936, di dalam Schaffer, 1991) menyatakan hilal akan terlihat dengan mata telanjang jika jarak sudut Bulan dan Matahari lebih besar dari 7 derajat.
  2. Ilyas (1988) memberikan persyaratan visibilitas atau terlihatnya hilal dengan beda tinggi minimal 4 derajat untuk beda azimuth yang besar dan 10,4 derajat untuk beda azimuth 0.
  3. Caldwell dan Laney (2001) memisahkan pengamatan mata telanjang dan yang memakai alat bantu optik. Dengan kriteria minimum tinggi 4 derajat untuk semua cara pengamatan pada beda azimuth yang besar dan beda tinggi 6,5 derajat untuk beda azimuth 0 untuk pengamatan dengan alat optik.
  4. Kriteria Wujudul Hilal memiliki persyaratan bahwa Ijtimak (Bulan Baru) telah terjadi sebelum matahari terbenam dan Bulan terbenam setelah matahari terbenam.
  5. Imkanur Rukyat MABIMS (Musyawarah Menteri-Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura) memberi persyaratan :
    • Pada saat Matahari terbenam, ketinggian Bulan diatas cakrawala minimum 2 derajat dan sudu antara Bulan dan Matahari minimum 3 derajat.
    • Pada saat bulan terbenam usia bulan minimum 8 jam dihitung dari konjungsi
  6. Kriteria IICP (International Islamic Calendar Programme)
    • Ketinggian hilal minimal 4 derajat dengan syarat beda azimuth lebih besar dari 45 derajat dan ketinggian hilal minimal 10,5 derajat dengan syarata beda azimuth 0
    • Hilal dapat diamati jika waktu terbenamnya minimal 40 menit lebih lambat dari pada matahari (di lintang rendah). Untuk lintang tinggi lebih besar lagi
    • umur Hilal lebih dari 16 jam untuk pengamat di daerah tropis dan lebih dari 20 jam untuk pengamat di lintang tinggi
  7. Kriteria LAPAN oleh Thomas Djamaluddin yang meneliti hilal di Indonesia sejak 1962-1997 memberikan kriteria :
    • Umur hilal lebih besar dari 8 jam
    • Jarak sudut bulan dan matahari lebih besar dari 5,6 derajat
    • Beda tinggi lebih besar dari 3 derajat (tinggi hilal 2 derajat) untuk beda azimuth sekitar 6 derajat tetapi lebih kecil dari 6 derajat perlu beda yang lebih tinggi.
    • untuk beda azimuth 0 , beda tinggi harus diatas 9 derajat.
Dalam suatu jejaring sosialnya pak Thomas Djamaluddin telah memberikan informasi sebagai berikut :

Semua terserah pada anda mana yang benar? Namun sekali lagi janganlah perbedaan ini menjadikan kita saling menghakimi. Tetap jaga persatuan umat !

Pemenang vs Pecundang


Pemenang selalu jadi bagian dari jawaban
Pecundang selalu jadi bagian dari masalah

Pemenang selalu punya program
Pecundang selalu punya kambing hitam

Pemenang selalu berkata "biarkan saya yang mengerjakan untuk anda"
Pecundang selalu berkata " itu bukan pekerjaan saya"

Pemenang selalu melihat jawaban dalam setiap masalah
Pecundang selalu melihat massaah dari setiap jawaban

Pemenang selalu berkata, " Itu memang sulit,
tapi kemungkinan bisa"
Pecundang selalu berkata, " Itu mungkin bisa,
tapi terlalu sulit

Saat pemenang melakukan kesalahan, dia
berkata, " Saya salah"
Saat pecundang melakukan kesalahan, dia
berkata, " Itu bukan salah saya"

Pemenang membuat komitmen-komitmen
Pecundang membuat janji-janji

Pemenang punya impian-impian
Pecundang punya tipu muslihat

Pemenang adalah bagian dari sebuah tim
Pecundang melepaskan diri dari tim

Pemenang melihat keuntungan
Pecundang melihat kesusahan

Pemenang melihat kemungkinan-kemungkinan
Pecundang melihat permasalahan

Pemenang melihat potensi
Pecundang melihat yang sudah lewat

Pemenang memilih apa uang mereka katakan
Pecundang mengatakan apa yang mereka pilih

Pemenang mempunyai argumentasi keras tapi
kata-kata lunak
Pecundang mempunyai argumentasi lunak
tapi kata-kata keras

Pemenang membuat sesuatu terjadi
Pecundang membiarkan sesuatu terjadi

PEMENANG BERENCANA DAN MEMPERSIAPKAN DIRI
UNTUK MENANG. KATA KUNCINYA ADALAH PERSIAPAN

Keberanian Mengambil Keputusan


Ketika kita berada di persimpangan jalan, apa yang kita lakukan? Jalan mana yang diambil? Apakah kita hanya duduk saja menunggu datangnya "ilham" yang akan memberitahu kita untuk memilih yang terbaik?

Seringkali kita menunda mengambil keputusan, atau tidak mengambil keputusan sama sekali, karena terdorong rasa takut. Pada dasarnya, rasa takut menunda datamgnya kesempatan. Ketakutan yang berlebihan membuat kesempatan itu takkan pernah datang.


Tapi di sisi lain, pengambilan keputusan secara serampangan tanpa pertimbangan yang matang, juga bisa menghilangkan kesempatan. Yang kita perlukan adalah pemikiran yang tuntas untuk bisa mengambil keputusan terbaik. Dan yang lebih penting adalah keberanian mengambil keputusan dan melaksanakannya.




Keputusan membutuhkan pengorbanan,
jika Anda memutuskan untuk membuka satu usaha,
Anda tidak mungkin mengerjakan hal lainnya. Jika anda tidak memilih prioritasnya,
juga ada pengorbanannya yaitu
Anda tidak akan pernah sampai kemana-mana.
(PAUL BUDNITZ, FOUNDER KIDROBOT)



Pemandangan Langit Setelah Buka Puasa



Segitiga khayalan yang dibentuk Spica Mars dan Saturnus

Tampak dari Jakarta. 3 Benda langit membentuk segitiga
Setelah menyantap buka puasa, kita diberikan pemandangan yang luar biasa oleh Allah SWT di langit sebelah barat, yakni dengan adanya 3 benda langit yang membentuk segitiga. Tidak begitu spesial memang. Namun, cukup menghibur dan sangat indah sekali. Apa 3 benda langit itu? 3 benda langit itu adalah Spica, Saturnus, dan Mars. 1 bintang 2 planet. Spica adalah bintang terterang di rasi Virgo. Berikut gambarnya.
Saya akan coba jelaskan tentang benda langit tersebut.
  • Spica
Spica merupaka bintang terterang di rasi Virgo. Bintang ini mempunyai magnitudo visual +1,40. Bintang ini mempunyai jarak 260 tahun cahaya dari bumi. Jauh sekali ya. 260 tahun cahaya. Jadi seandainya kita naik sebuah kendaraan dengan kecepatan cahaya 300000 km/s kita akan mencapai Spica 260 tahun kemudian. Lama banget...Bintang ini termasuk bintang Raksasa Biru.
  • Mars
Planet ke empat dari Matahari akan terlihat merah dari bumi. Karena planet ini mengandung besi(III) oksida di permukaannya. Mars mempunyai albedo sekitar 0,15. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan lapisan es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi. Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars.
Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana. Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana.
Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Planet ini mengorbit selama 687 hari dalam mengelilingi Matahari. Planet ini juga berotasi. Kala rotasinya 25,62 jam.
Di planet Mars, terdapat sebuah fitur unik di daerah Cydonia Mensae. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars, walaupun pada masa kini, telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.
  • Saturnus
Saturnus merupakan planet yang mempunyai cincin terbesar ini merupakan planet keenam di tata surya. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, karena itulah Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Saturnus berevolusi dalam waktu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Selain berevolusi, Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 40 menit 24 detik.
Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat dengan atmosfer tersusun atas gas amonia dan metana, hal ini tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.
video
Cincin Saturnus sangat unik, terdiri beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Bahan pembentuk cincin ini masih belum diketahui. Para ilmuwan berpendapat, cincin itu tidak mungkin terbuat dari lempengan padat karena akan hancur oleh gaya sentrifugal. Namun, tidak mungkin juga terbuat dari zat cair karena gaya sentrifugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang. Jadi, sejauh ini, diperkirakan yang paling mungkin membentuk cincin-cincin itu adalah bongkahan-bongkahan es meteorit. Cincin ini terentang dari 6.630 km - 120.700 km di atas atmosfer Saturnus.

Bupatitan TFF-ICS

Alhamdulillah kita bisa ketemu lagi dalam postingan kali ini. Setelah beberapa waktu lalu saya sempat membagi kabar dari sekolah tercinta MAN Insan Cendekia Serpong yakni tentang pemilihan ketua OSIS, sekarang pun kembali saya akan bercerita tentang kegiatan-kegiatan di sekolah saya ini.
Selasa, 7 agustus lapangan upacara banyak anak-anak ngumpul. mau ada apa ya? ngelingkar kaya mau pengajian. eh...tunggu dulu ternyata ada Bupatitan. Apa itu Bupatitan? Bupatitan itu adalah Buka Puasa Tiga Angkatan. Nah, karena kita di Insan Cendekia itu bersama-sama 3 angkatan,,so,,kita harus saling rukuun dan jaga silaturrahmi kan?. Tapi temen-temen,,Bupatitan ini tuh sistemnya per kelas sepuluh. Jadi kelas sepuluh itu ada 5 kelas. Misal di Bupatitan itu mereka berkumpul dari yang tahun ini kelas X-1, dua tahun lalu mantan kelas X-1(yang sekarang kelas 2) dan 3 tahun lalu kelas X-1 (yang sekarang kelas 3). Beuy ....gimana keren kan? bisa sekalian kumpul lagi bareng temennya yang dulu pas kelas sepuluh bersama.
Trus ntar itu sistemnya ada adik dan kakak absen. Gimana maksudnya? gini nih...misal di kelas X-1 itu ada yang absen 1, ya udah absen 1 tahun ini, dua tahun lalu, dan tiga tahun lalu bergabung deh. :)
Ok..tapi sekarang aku nggak bakal bahas terlalu jauh tentang itu. Langsung ke acara kemarin aja deh.
Oh iya kenapa postingan kali ini judulnya Bupatitan TFF-ICS? Kalau Bupatitan kan kalian udah tahu kan.. trus TFF-ICS apa? Sabar dulu nih mau dikasih tahu.
TFF-ICS singkatan dari Ten Four Family-Insan Cendekia Serpong. Dari namanya udah kelihatan kan berarti keluarga X-4 di Insan Cendekia Serpong. Ya 7 Agustus 2012 kemarin merupakan Bupatitan TFF-ICS angkatan 16, 17, dan yang paling baru 18. Acara sih rencana mulai pukul 15.30 walau akhirnya molor sampai 16.00 baru dimulai. Dan juga kita gak sendirian lho kumpul kaya gitu. Karena emang agenda hari itu Bupatitan buat semua kelas sepuluh. Di sebelah kanan kita ada anak X-1. Sebelah kiri ada anak X-3 depan ada anak X-5 dan jauh disana ada anak X-2 (soalnya gak kelihatan dari sudut pandang kita).
Ok...untuk acara kali ini seluruh kegiatan full dipegang X-4 angkatan 18. Kita yang udah tua-tua nih..ngikut aja haha. tapi meski begitu acaranya asik banget. serius ! Pertama kita (anak kelas X-4 angkatan 16 dan 17) disuruh nyari adik absennya yakni angkatan 18. Dengan puzzle yang dirangkai dengan maksud suatu tempat di ic yang mengidikasikan adik absen itu berada. Dan aku absen 1400003 bareng si Ali Zaenal Abidin (adek absen ku angkatan 17....ketua MPS gitu..) nyari deh. Tempat yang dituju sih keywordnya "SAUNG AHWAT". Ya udah karena kita udah tahu kita jalan aja lempeng biasa. Sampai di saung, aku sama ali pingin ngerjain tuh si adek absen. Kita berdua kerjain. Kita gak ngajak ngomong dan kita tinggal balik ke tempat semula. hahahaha....
Abis itu semua kumpul kembali ke tempat lapangan upacara tadi. Tapi tiba-tiba acara selanjutnya.... suruh nyritain tentang X-4. Nah ternyata absen 1400003 ditunjuk suruh nyritain. Spontan kita kaget. ! Tapi gak papa lah. Akhirnya kita coba cerita-cerita. Nih ceritanya..

"Di Kelas X-4 itu asyik deh pokoknya. Kelas paling rame. apalagi absen 3 kaya kita nih. Oh iya nih..absen tiga dari tahun ketahun : angkatan 18 kan cewek,,,angkatan 17 cowok nih si Ali,,,Angkatan 16 aku,,,Angkatan 15 tuh ada namanya Kak Doni, Angkatan 14 namanya kak Avel, trus angkatan 13 itu kak Damar (walau sebenarnya aku gak tahu yang mana...tapi ngasal aja deh. yang penting tahu nama). Gitu doang..."


Abis itu tiba-tiba aku sama Ali disuruh tutup mata. Mau dikasih hadiah mungkin. Ternyata iya dikasih deh hadiah sama si adek absen angkatan 18 itu. wkwkw...lumayan... :).Kemudian,  acara Selanjutnya tuh peresmian nama kelas mereka. namanya CAVERNOUS. Oh iya sekedar info kelas X-4 angkatan 17 namanya CLARYOVA, angkatan 16 X-4 namanya CREVOURIN, STAKEHOLDERZ untuk X-4 angkatan 15. habis itu gak tahu deh namanya apa...heheh pizz ! :)

Abis itu adzan maghrib ....trus buka deh...dilanjutin makan2 dan foto bareng,,,walaupun sebentar tapi sangat mengesankan. Dan ini beberapa fotonya...
Saat Makan Malam

Makan Malam bertiga sesuai game awal

Hmm...enaknya

3 generasi X-4

Kalau di perhatikan ada kak Kamil lho...

Mengakhiri acara pada malam itu

Ye...kenyang deh

Bum...bumm.bum..we are..we are ten four we are we are together together forever



Pemilihan Ketua OSIS MAN Insan Cendekia Serpong

Minggu, 29 Agustus 2012 lapangan upacara MAN Insan Cendekia Serpong tampak ramai sekali. Ternyata hari itu akan diadakan pemilihan guna menentukan siapa pemegang kepemimpinan OSIS MAN Insan Cendekia Serpong periode 2012/2013.
Pemilihan ketua osis tahun ini memiliki 3 calon yang telah melaksanakan beberapa tantangan dari panitia selama kurang lebih seminggu. Tantangan-tantangan yang diberikan merupakan tantangan yang paling tidak akan mereka hadapi nanti dalam suatu roda kepemimpinan. Untuk tahun ini terpilihlah 3 kandidat. Andriana Kumalasari, Gilang Audi Pahlevi dan Mohammad Asaddin Nur. ketiga calon ini pun telah berkampanye selama 3 hari berturut-turut dan telah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panitia.
Awalnya, ketiga calon ini menyerahkan proposal pengajuan diri sebagai ketua OSIS. Kemudian, proposal tersebut di sidangkan di depan siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Proposal yang mereka buat meliputi visi dan misi mereka mencalonkan diri sebagai ketua OSIS dan juga proker-proker yang akan dicanangkan serta gambaran OSIS tahun depan.
Uniknya, baru tahun ini ada kandidat calon ketua OSIS perempuan. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kaum perempuan. Pada saat kampanye pun calon ketua OSIS perempuan yakni saudari Andirana Kumalasari mendapat hujan pertanyaan dari audience. Dari ketiga kampanye yang dilakukan kampanye saudari Andriana lah yang paling menyorot banyak pihak.
Menarik pula dalam pemilihan ketua OSIS tahun ini, pemilihan tidak lagi menggunakan cara konvensional atau cara tradisional seperti centang atau coblos. Tahun ini pemilihan ketua OSIS dilakukan dengan digital seperti web. Ini dia screenshot SURAT SUARA DIGITAL created by Muhammad Aji Muharrom.
Halaman konfirmasi memilih calon nomor 3, Mohammad Asaddin Nur

Halaman depan jika sudah memilih

Surat Suara

Halaman awal

Halaman konfirmasi memilih calon nomor 2, Gilang Audi Pahlevi

Halaman konfirmasi memilih calon nomor 1, Andriana Kumalasari


Halaman awal saat sudah log in

Surat Suara Tombol Merah


gimana keren kan?
Setelah sekitar 30 menit tiap siswa memilih, maka hasilnya langsung dihitung. Hal yang sangat mendebarkan. sesaat lagi akan terlahir pemimpin baru untuk OSIS periode selanjutnya.
Ketua OSIS, Muhammad Retas Aqabah pun akhirnya membacakan hasilnya. Serempak siswa-siswi pun terdiam, ketika dia mengucapkan salam. Dengan sedikit sambutan di awal. akhirnya terpilih lah juga MOHAMMAD ASADDIN NUR sebagai ketua OSIS MAN Insan Cendekia Serpong periode 2012/2013. Selamat kepada dino (panggilan akrabnya) yang telah terpilih. Dan inilah dia hasil lengkapnya.
1. Andriana Kumalasari mendapatkan 6,83 % suara
2. Gilang Audi Pahlevi mendapatkan 21,16 % suara
3. Mohammad Asaddin Nur mendapatkan 72,01 % suara